PEMBELAJARAN STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) DENGAN PEMANFAATAN RUMAH BELAJAR
oleh : Elfison Dahsananranca Syawtupan,SE
Pembelajaran STEM dilatar belakangi dalam menghadapi era persaingan global, Indonesia pun perlu menyiapkan sumberdaya manusia yang handal dalam disiplin-disiplin STEM secara kualitas dan mencukupi secara kuantitas. salah satu pola pikir dalam pengembangan Kurikulum 2013 adalah menggeser pola pembelajaran ilmu pengetahuan tunggal (monodiscipline) menjadi pembelajaran ilmu pengetahuan jamak (multidiscipline).
Model pembelajaran STEM adalah suatu model pembelajaran yang meliputi Science, Technology, Engineering and Mathematics.?Model pembelajaran ini dapat mendorong peserta didik untuk mendesain, mengembangkan dan memanfaatkan teknologi, mengasah kognitif, afektif, serta mengaplikasikan pengetahuan.
STEM meliputi :
Sains: Kajian tentang fenomena alam yang melibatkan observasi dan pengukuran.
Teknologi: Inovasi-inovasi untuk memodifikasi alam agar memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia.
Enjiniring (engineering) : Pengetahuan dan keterampilan untuk mendesain dan mengkonstruksi mesin, peralatan, sistem, material, dan proses yang bermanfaat bagi manusia secara ekonomis dan ramah lingkungan.
Matematika: Ilmu tentang pola-pola dan hubungan-hubungan, dan menyediakan bahasa bagi teknologi, sains, dan enjiniring
Pembelajaran STEM yang akan di Implementasikan dalam kegiatan belajar mengajar secara umum bisa dengan memanfaatkan portal rumah belajar. Portal rumah belajar yang dimanfaatkan berdasarkan sintak - sintak dalam model pembelajan STEM seluruh fitur utama dan fitur pendukung ditambah dengan produk pusdatin lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar